Wednesday, January 27, 2010

Pelantikan Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Untan Pontianak, Diwarnai Demo

Dari RRI

Pelantikan Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Untan Pontianak, Diwarnai Demo
Friday, 22 January 2010 06:52
Pontianak - Pelantikan dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Tanjungpura (Untan), Pontianak, kemarin (20/1) diwarnai demo puluhan dosen. Mereka tidak setuju dengan penunjukan Dr Thamrin Usman sebagai dekan fakultas tersebut. Dalihnya, Thamrin bukan seorang dokter. Menghadapi penolakan itu, rektorat mengundang wakil para dosen untuk berdialog. Dialog yang berlangsung selama satu jam tersebut tidak membuahkan hasil. Para dosen tetap tidak mau menerima Thamrin sebagai dekan. Mereka menuntut dekan FKIK adalah seorang dokter. "Harus dokter yang memimpin FKIK. Tidak ada hubungan antara matematika dengan kedokteran," ungkap John Hard, salah seorang dosen yang mewakili rekan-rekannya dalam dialog tersebut.

Rektorat bergeming. Pelantikan Thamrin sebagai dekan FKIK tidak bisa dibatalkan. Para dosen pun bertahan dengan sikap mereka. Mereka mengancam mogok mengajar. "Kami tidak akan mengajar sampai tuntutan itu dikabulkan," tuturnya. Dekan bukan kalangan dokter, papar dia, akan berdampak pada perkembangan mahasiswa yang secara psikologis akan terpengaruhi. "Pasti ada dampaknya, efek psikologis," ucapnya. Rektor Untan Chairil Effendi beralasan tidak memiliki biaya jika mendatangkan dekan dari unversitas di luar Kalbar.
John lantas berargumen, selama ini bukan rektor yang membayar dosen FKIK, melainkan mahasiswa. "Selama 3,5 tahun saya mengajar, tidak pernah dibayar. Bukan rektor yang bayar dosen, melainkan mahasiswa dengan uang SPP," paparnya. Chairil menuturkan bahwa FKIK memiliki tiga program studi, yakni program pendidikan dokter, pendidikan farmasi, dan ilmu keperawatan. "Penunjukan Doktor Thamrin sudah saya konsultasikan dengan Dirjen Dikti," papar dia. rri.co.id/dodo

No comments:

Post a Comment