Wednesday, January 27, 2010

Mahasiswa Pecahkan Kaca Rektorat Untan

Dari Tribun Pontianak

Mahasiswa Pecahkan Kaca Rektorat Untan

Rabu, 20 Januari 2010 | 10:52 WIB

PONTIANAK, TRIBUN - Puluhan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak menggelar unjukrasa menolak pelantikan Dr Thamrin Usman DEA sebagai dekan FK, Rabu (20/1) pukul 10.00 WIB.

Dalam aksi tersebut kaca depan lantai satu Rektorat Untan pecah yang diduga disebabkan aksi saling dorong. Mahasiswa menolak Thamrin karena ia bukan dokter.

Saat ini sejumlah mahasiswa bertemu Rektor Untan Prof Dr Chairil Effendi MS. Sementara sebagian yang lain masih menggelar aksi unjukrasa dengan membentangkan poster.

Fakultas FK Untan sebelumnya merupakan program studi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Untan.

Sebelumnya sejumlah dokter yang mengajar di Fakultas Kedokteran juga menolak Thamrin sebagai dekan. Mereka mengancam akan berhenti mengurus mahasiswa.

Sebagian besar dosen FK Untan berasal dari RSUD dr Soedarso. Saat ini ada sekitar 42 dokter spesialis dan 20 dokter umum. dr Bambang SN seorang dosen bahkan mengancam akan mogok mengajar.

Rektor Untan mengatakan, pihaknya sudah berkonsultasi dengan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti). Menurut Rektor yang mengutip Dikti, tidak masalah bukan seorang dokter menjadi dekan FK asal kepangkatan sudah sesuai.

Lagipula, masih menurut Rektor, dosen-dosen yang berasal dari dokter yang ada saat ini, kepangkatannya belum mencukupi untuk menjadi dekan. (nina soraya/stefanus akim)

No comments:

Post a Comment