Wednesday, January 27, 2010

62 Dokter Boikot Ngajar di Untan

Dari Tribun Pontianak

62 Dokter Boikot Ngajar di Untan
Rabu, 20 Januari 2010 | 11:55 WIB

PONTIANAK, TRIBUN - Sebanyak 62 dokter di RSUD dr Soedarso memboikot tidak akan mengajar di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak.

Boikot itu digelar sebagai wujud penolakan mereka terhadap pelantikan DR Thamrin Usman DEA sebagai Dekan FK, Rabu (20/1).

Staf pengajar di FK Untan, dr John Hart mengatakan, pihaknya akan bertemu Rektor Untan Prof Dr Chairil Effendi MS untuk membahas pembatalan pelantikan Thamrin. Thamrin ditolak menjadi Dekan FK karena bukan seorang dokter.

"Sebanyak 62 dokter, yang terdiri dari 42 dokter spesialis dan 20 dokter umum akan mogok mengajar di FK Untan sampai tuntutan kami dipenuhi yakni membatalkan pelantikan Pak Thamrin sebagai dekan FK," ujar dokter spesialis syaraf di RSUD dr Soedarso ini.

Sebelumnya Rektor Untan mengatakan, pihaknya sudah berkonsultasi dengan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti). Menurut Rektor yang mengutip Dikti, tidak masalah bukan seorang dokter menjadi dekan FK asal kepangkatan sudah sesuai.

Lagipula, masih menurut Rektor, dosen-dosen yang berasal dari dokter kepangkatannya belum mencukupi untuk menjadi dekan.

John Hart mengatakan, ada alternatif yang ditawarkan para dokter, di antaranya bisa mengambil dekan dari dokter yang kepangkatannya sudah sesuai dari Universitas Indonesia (UI) Jakarta. Namun Rektor mengatakan, opsi itu akan menyebabkan pengeluaran tambahan. (nina soraya)

No comments:

Post a Comment